IBC, PALEMBANG – Universitas Sriwijaya (Unsri) gelar upacara Dies Natalis ke -61 dengan mengusung tema “penguatan pembelajaran berbasis Informasi Tehnologi (IT) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia tangguh Indonesia tumbuh” bertempat di FH Tower lantai 8 Fakultas Hukum UNSRI Kota Palembang, Rabu (3/11/2021).

Rektor Unsri H Anis Saggaf mengatakan bahwa dalam perayaan dies natalis ke-61 sistem pembelajaran Unsri menyesuaikan dengan kondisi saat ini, dimana dengan adanya Covid-19 mendidik hemat waktu, hemat umur dan hemat biaya.

“Kita ingin membuat kampus ini hidup dalam dua kondisi yaitu ketika covid -19 aktivitas kampus hidup dan ketika tidak ada Covid-19 aktivitas tetap hidup oleh karena itu kita akan menerapkan sistem Hybrid learning,” kata Anis.

Anis menjelaskan sistem Hiybrid Learning adalah metode pembelajaran campuran antara pembelajaran tatap muka (luring) dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) yang akan diterapkan tinggal menunggu instruksi dari pusat yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Untuk Aktivitas mahasiswa dengen konsultasi masalah skripsi dan tesis, pembelajaran dengan praktek serta butuh tanda tangan mengunakan metode luring dan untuk aktivitas belajar teori dengan hanya menghafal buku kita gunakan metode daring,” jelasnya.

Dirinya menyampaikan jika sistem pebelajaran secara luring diperbolehkan, protokol kesehatan (prokes) 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak akan diterapkan.

“Ke depan mudah-mudahan jika kita siap dengan dua metode luring dan daring dalam kondisi apapun UNSRI tetap akan eksis,” ujar Anis seraya berharap.

Selanjutnya Anis menuturkan bahwa seluruh mahasiswa sudah terbiasa dengan sistem pembelajaran saat ini dan di jaman now dengan adanya IT, bukan tidak mungkin mahasiswa lebih pandai dari dosen.

“Makanya belajar tidak boleh seperti dulu dengan hanya mendengar saja dan untuk sekarang mahasiswa harus lebih aktif,” tuturnya.

Terakhir Anis menambahkan bahwa Unsri akan menerapkan civitas akademik Unsri dengan menggunakan aplikasi Smart Campus untuk memudahkan mahasiswa mengakses informasi perkembangan studi dan memudahkan absen

“Untuk absensi mahasiswa dan seluruh civitas akademik UNSRI dengan menggunakan aplikasi Smart Campus yang diberlakukan jika pandemi covid-19 berhenti,” pungkasnya.

Penulis : Zul | YES