IBC, SUMSEL – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Provinsi Sumatera Selatan (DPW PAN Sumsel) gelar pengukuhan dan bimbingan teknis (bimtek) Milenial PAN Provinsi Sumsel dengan mengusung tema Gerakan Milenial PAN Sumsel Menuju PAN Terdepan bertempat di Hotel The Zury Kota Palembang, Kamis (25/11/2021).

Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPW PAN Sumsel Fajar Febriansyah mengatakan pengukuhan dan bimtek yang digelar hari ini diinisiasikan oleh DPW PAN Sumsel dengan mengumpulkan 17 Badan Pemuda dan Olahraga DPD Kabupaten Kota se-Sumsel dan kader-kader partai yang masih milenial.

“Di Indonesia generasi Z atau generasi milenial menjadi target dari seluruh partai politik untuk digaet dan setiap tahunnya mulai data dari tahun 2004, 2009, 2014 dan 2019 potensi suara pemilih pemula mengalahkan suara politik pemenang Pemilu 2019 yaitu PDI Perjuangan dengan 21 juta suara, sementara pemilih pemula potensinya bisa mencapai 40 juta suara,” katanya.

Untuk itu, Fajar mengungkapkan sebagai langkah konkrit PAN dalam rangka menggaet dan mengonsolidasikan kader milenialnya agar bisa menggaet lagi potensi-potensi suara milenial yang ada di Sumsel dengan mengadakan bimtek yang dilaksanakan hari ini sekaligus deklarasi milenial DPW PAN Sumsel.

“Setelah kegiatan Bimtek hari ini, akan berjenjang dan dilaksanakan oleh DPD PAN Kabupaten Kota se-Sumsel dengan menyesuaikan eksennya. Saat ini kecenderungan zaman dan pola komunikasi partai berbeda dimana komunikasi partai lebih banyak lewat isu-isu strategis melalui media sosial dan media online,” ujarnya.

Fajar menuturkan bahwa semakin banyak kader milenial yang digaet maka akan semakin banyak membantu peran marketing politik PAN ditengah-tengah masyarakat, oleh karena itu kaderisasi PAN dalam menggaet kaum milenial sangat penting.

“Dalam kriteria politik usia milenial kita masukan dalam masa pemilih pemula yaitu 17 tahun yang sudah bisa memilih sampai dengan prasyarat pemilih pemula 30-40 tahun. Dan untuk generasi Z usianya 17-24 tahun,” tuturnya.

Sementaraitu, Ketua Milenial PAN Azhari Harris mengatakan bimtek dan pengukuhan Milenial PAN adalah kegiatan perdana DPW PAN Sumsel yang merupakan platform kaukus milenial PAN yang dibentuk oleh DPP PAN.

“Alhamdulillah hari ini kita dari Milenial DPW PAN Sumsel bersama Milenial DPD PAN Kota Palembang dikukuhkan dan untuk kabupaten Kota yang lain hanya ketuanya saja yang dikukuhkan yaitu OKI dan Empat Lawang. Setelah pengukuhan kita lanjutkan dengan kegiatan Bimtek dan seminar,” ucap Azhari.

Selanjutnya Azhari membeberkan kaukus milenial PAN bertujuan untuk menggaet sebesar-besarnya suara dari anak muda dengan cara pendekatan diri terhadap anak-anak muda. Kaum milenial di Indonesia saat ini ada 35 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

“Dengan bonus demografi, saya harap PAN bisa menggaet angka 35 persen ini, bahkan bisa menjadi salah satu partai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan target dalam waktu dekat pengukuhan DPD Milenial se-Sumsel terlaksana dan kita ingin timbulkan politikus-politikus muda baru untuk lebih berkifrah di Sumsel dan target kursi kaum Milenial di DPRD Sumsel 12 persen dan Kota Palembang 10 persen,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES