IBC, SUMSEL – Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Telang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil menangkap seorang laki-laki bernama Maman, karena tanpa hak memiliki senjata api (Senpi) rakitan jenis pistol di Jalur 10 Desa Mekarsari Kecamatan Muara Telang Banyuasin, Selasa (30/11/2021) yang lalu.

Penangkapan langsung dipimpin oleh Kapolsek Muara Telang Iptu Kemas Junaidi yang didampingi Kanit Reskrim Ipda Fahrizal. Kegiatan tersebut berdasarkan LP/A 04/XI/2021/Sumsel/ BA/SEK M.TELANG

Kapolsek Muara Telang Iptu Kemas Junaidi mengungkapkan kronologi penangkapan berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada warga Desa Mekarsari menyimpan dan menunjukkan Senpi. Kemudian dirinya memerintahkan Kanit Reskrim bersama anggota untuk menyelidikinya.

“Informasi pada saat itu Senpinya diletakkan dan disembunyikan di kendaraannya, dan pada saat malam penangkapan kita bersama Kanit Reskrim beserta anggotanya langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan menggeledah rumah pelaku. Senpinya ada didalam tas di kamarnya dan saat itu juga tersangka langsung kita Bawa ke Kantor Polsek Muara Telang,” ungkapnya saat diwawancara disela-sela istirahat dalam mengikuti kegiatan di Polda Sumsel, Jum’at (3/12/2021).

Kemas mengungkapkan barang bukti yang diamankan tas selempang warna coklat dan 1 (satu) buah Senpi rakitan jenis pistol beserta 4 (empat) butir amunisi cal 38 yang masih aktif.

“Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan menggunakan pasal 1 (satu) ayat (1) Undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 (dua puluh) tahun,” ungakpnya.

Terakhir Kemas menambahkan untuk saat ini asal Senjata api rakitan jenis pistol masih dalam Lidik dan pendalaman

“Kemarin kita sudah Lidik tempat asal Senpi rakitan itu ternyata pemiliknya sudah lama tidak ada ditempat itu lagi, tapi tetap kita masih dalam penyelidikan untuk masalah Senjata api tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Zul | YES