IBC, PELALAWAN – Puluhan masyarakat terlihat berdesak-desakan mengantri untuk pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Pelalawan di Jalan Arya Guna Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau pada Selasa (7/12/2021) pagi WIB.

Banyaknya masyarakat yang mengurus SKCK, baik pengurusan baru maupun memperpanjang untuk keperluan pekerjaan membuat petugas kewalahan hingga tidak sedikit masyarakat yang mengeluh dikarenakan disuruh kembali keesokan harinya.

Salah seorang karyawan bernama Santoso mengungkapkan kekecewaannya terhadap petugas saat itu, pria yang berkerja sebagai karyawan disalah satu perusahaan swasta itupun mengatakan kepada Biro IBC bahwa pelayanan di Polres Pelalawan harusnya lebih baik lagi.

“Per hari ini sudah 3 kali saya bolak balik ke Polres, Pertama hari Jum’at, lalu Senin kamarin dan Selasa hari ni,” ujarnya kesal.

Dirinyapun mengaku sempat komplin kepetugas saat itu dan diminta datang lebih awal lagi esok harinya.

“Kita disuruh datang lebih awal, Saya jam 7 sudah digerbang Mapolres, namun gerbang masih d tutup karena d dalam ada apel, Sampai jam 8.30 siap apel baru d buka,” jelas Santoso merasa aneh dengan solusi ngawur oknum petugas.

Menurut Santoso pihak Mapolres Pelalawan membatasi jumlah peserta yang hendak membuat SKCK sebanyak 150 kuota per harinya.

Dirinya menambahkan kendala saya karena saya bekerja sistem shift di perusahaan tempat saya bekerja, saya harus mengorbankan waktu bekerja saya di saat pagi untuk mengejar cepat datang ke Mapolres untuk mengurus perpanjangan SKCK.

“Kendala di Mapolres, selalu ramai yang mengurus SKCK hingga berdesakan untuk berebut mendapatkan nomor antrian pelayanan. Karena per hari hanya diterima 150 saja. Bagi yang sudah datang dari jam 7 pagi akhirnya bisa tidak dapat nomor antrian karena jumlah kuota yang di terima hanya sedikit, sedangkan yang mengurus sangat banyak,” keluh Santoso lagi.

Penulis : Faisal | YES