IBC, PALEMBANG – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dedi Sipriyanto menggelar reses tahap III Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel I untuk menyerap aspirasi bertemu secara langsung dengan masyarakat.

Gelaran reses tersebut dihadiri Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda di aula kantor Camat Plaju jalan D I Panjaitan Kecamatan Plaju Kota Palembang, Rabu (8/12/2021).

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan dirinya hadir bersamaan dengan kegiatan reses anggota DPRD Provinsi Sumsel Dapil Sumsel I yang telah mengumpulkan lebih kurang 50 RT dan RW untuk menyaring aspirasi dari warga Kecamatan Plaju Kota Palembang.

“Mereka sudah menyampaikan aspirasinya melalui reses tahap III anggota DPRD Sumsel Dedi Sipriyanto dan kami harapkan agar disampaikan kepada Gubernur Sumsel untuk aspirasinya warga diantaranya jalan Provinsi yang tentu alokasinya melalui Pemerintah Provinsi,” ucapnya.

Lebih lanjut Fitrianti menjelaskan untuk persoalan yang masuk dalam ranah Pemerintah Kota, sudah diserahkan kepada dirinya dan apa yang sudah disampaikan melalui Ketua RT dan RW akan segera direalisasikan.

“Makanya tadi ada data e-planning yang menginput semua data-data usulan warga dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dari tingkat kelurahan, kecamatan dan kota dan sudah masuk dalam e-planning yang akan kita kerjakan 2022 asalkan anggarannya cukup dan usulan yang baru menunggu masuk ke musrembang dan baru bisa dikerjakan 2023,” jelasnya.

Fitrianti juga menuturkan terkait tapal batas antar wilayah Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin masih dalam proses menunggu keputusan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

“Jadi kita tunggu saja, kalau proses tingkat kota dan provinsi sudah selesai, sehingga kita menunggu keputusan Mendagri RI untuk menyatakan tapal batasnya wilayahnya dimana dan terkait laporan warga tupukan sampah dibatas wilayah serta adanya pembangunan-pembangunan yang sifatnya tidak memperhatikan lingkungan seperti penimbunan, akan kita selesaikan ditingkat kepala daerah antara Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasi,” tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD Sumsel Dapil Sumsel I Dedi Sipriyanto mengatakan dalam kegiatan reses tahap III sebagai anggota DPRD Provinsi dari Dapil Sumsel I kewajiban dirinya melaksanakan reses untuk menyerap aspirasi secara langsung dari masyarakat.

“Khusus hari ini saya hadir di Kecamatan Plaju Kota Palembang sebagian wilayah Dapil dari Sumsel I untuk meyerap aspirasi masyarakatnya yang selama ini belum tersampaikan dan saya minta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk meyelesaikan apa yang menjadi keluhan permasalahan masyarakatnya tetapi yang tidak bisa diselesaikan oleh Pemkot Palembang akan kami sampaikan ke Pemerintah Provinsi Sumsel,” ujar Dedi.

wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel ini menjelaskan dalam kegiatan reses beberapa tokoh masyarakat, Ketua RT maupun Ketua RW menyampaikan aspirasinya diantaranya Kecamatan Plaju membutuhkan lahan kuburan, permasalahan gas kota yang belum masuk dan permasalahan tapal batas antara wilayah kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin di Tegal Binangun dimana daerah tersebut menjadi tempat pembuangan sampah serta adanya kegiatan penimbunan yang tidak ada regulasinya yang mengakibatkan banjir genangan air.

“Tentunya ini menjadi persoalan-persoalan yang harus kita selesaikan dan khususnya saya dari Komisi I DPRD Sumsel untuk Tapal batas wilayah akan menjadi PR kita semua agar secepatnya bisa diselesaikan dengan baik sehingga bisa apa yang menjadi kewenangan antara Pemkot Palembang dan Kabupaten Banyuasin untuk daerah tersebut bisa dilaksanakannya,” tandas Dedi.

Penulis : Zul | YES