IBC, JAKARTA – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PB PMII) menggelar acara Opening Ceremony Peringatan Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ke 62 Tahun di Perpustakaan Nasional Repubik Indonesia, Kamis 31 Maret 2022.

Gelaran acara tersebut di sambut langsung oleh Hasnu Ibrahim selaku Ketua Panitia yang disaksikan langsung oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia H.E Lyudmila Vorobieva, serta di buka langsung oleh Panji Sukma Nugraha selaku Bendahara Umum PB PMII.

Dalam sambutannya Hasnu mengatakan dalam rangkaian harlah PMII akan berpijak pada tiga landasan ekosistem, yakni lingkungan hidup, ekosistem politik, ekosistem ekonomi.

“Secara sederhana Harlah PMII ke 62 berpijak pada ekosistem lingkungan bidup, ekosistem politik, ekosistem ekonomi,” ujar Hasnu, dalam rilisnya, Kamis (31/3/2022).

Ia pun menyampaikan bahwa dengan landasan tema besar organisasi yakni Transformasi Organisasi, Maju, dan Mendunia. Maka dari itu harlah ke 62 ini mengusung tema Transformasi Gerakan, Merawat Peradaban.

“PMII dibawah kepemimpinan Abdullah Syukri dengan mengusung tema besar Transformasi Organisasi, Maju, dan Mendunia. Maka kemudian, berangkat dari tiga pijakan itu Harlah ke 62 mengusung tema Transformasi Gerakan, Merawat Peradaban,” terang dia.

Lebih lanjut Hasnu menambahkan, jika harlah ke 62 menjadi bahan ‘reflektif’ organisasi dan mengatur strategi dan taktik PMII ke depan. “Pada harlah ke 62 tahun ini menjadi bahan reflektif bagi organisasi PMII, selain itu menempatkan bagaimana stratak PMII ke depan,” imbuh Hasnu.

Sementara itu di tempat yang sama, dalam sambutan Duta Besar Rusia, Lyudmila Vorobieva mengatakan, jika Rusia menjadi salah satu negara yang mempunyai banyak warga muslim dan hidup berdampingan.

“Di Russia juga banyak warga Muslim seperti Indonesia dan hidup berdampingan satu sama lain,” ucap Lyudma.

Demikian kata dia, bahwa pemerintahan Rusia juga menawarkan lebih banyak beasiswa untuk mahasiwa dalam kampanye tidak saling mendominasi dan sama-sama setara.

“Russia menawarkan beasiswa sebanyak 261 per tahun, sekarang ada 700 mahasiswa yang belajar di Russia.Bicara tentang dominasi barat dan kampanye bahwa semua negara itu setara, tidak ada yang mendominasi secara kebijakan, ekonomi,” tegasnya.

Selain itu merespon konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, pada dasarnya dua negara tersebut adalah saudara dan serangan bersenjata itu hanya menargetkan militer.

“Dalam konflik Russia-Ukraina, pada dasarnya mereka adalah saudara. Rusia tidak melakukan serangan pada sipil tetapi menargetkan pada pangkalan militer, Hubungan Indonesia-Russia baik dan semoga akan tetap baik,” paparnya.

Selanjutnya, Panji Sukma Nugraha selaku Bendahara Umum PB PMII kemudian membuka harlah PMII yang ke 62 tahun.

“Saya mewakili ketua umum untuk membuka harlah PMII ke 62 tahun ini dan hadir dalam mensuport juga mensukseskan rangkaian kegiatan harlah ke depan,” tutupnya.

Penulis : SB|YES