IBC, PEKANBARU – DR Kamsol, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, dinilai tepat ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Kampar hingga tahun 2024 mendatang.

Secara profesional, Kamsol akan dapat menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Kampar dengan baik.

Hal itu dikatakan DR (Cand) Raden Adnan SH, MH, Dosen Ilmu Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Dharma Andigha Bogor dan Dosen/Pengajar pada Kodiklat Mabes TNI kepada media, Rabu 18 Mei 2022.

Lebih lanjut ia katakan, Kabupaten Kampar sejak dikotomi isu putra daerah, susah untuk berkembang, sebab imbuh dia, pola pikir nya hanya mementingkan kelompoknya sendiri.

“Karena itu, sosok Kamsol yang sudah banyak pengalaman di pemerintahan, untuk saat ini merupakan solusi terbaik ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Kampar, untuk pembangunan Kabupaten Kampar yang lebih baik,” ujarnya yang juga Aktivis LSM sekaligus Ketua Umum LSM IMD ini.

Karena itu lanjut Raden Adnan, barometer yang ditunjuk sebagai PJ Bupati Kampar, harus profesionalisme, bukan isu putra daerah.

“Siapapun yang menjadi PJ Bupati Kampar jika barometernya adalah profesionalitas, maka akan mampu menjalankan roda pemerintahan yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat banyak khususnya di Kabupaten Kampar. Tapi, kalau cuma dasarnya dikotomi putra daerah, maka pemerintah Kabupaten Kampar tidak akan bermanfaat banyak untuk masyarakat, hanya kroni nya dan keluarga PJ Bupati tersebut saja yang menikmati berbagai kue pembangunan di Kabupaten Kampar,” sambung Raden Adnan.

“Berpikirlah Kampar ini bagian dari NKRI yang membutuhkan pemimpin yang profesional, bukan pola pikir hanya kedaerahan,” tegas Raden Adnan.

Untuk diketahui, DR Kamsol, putra kelahiran Lingga, Provinsi Kepulauan Riau ini, saat ini merupakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, digadang-gadangkan ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Kampar oleh Menteri Dalam Negeri hingga tahun 2024 mendatang.

Di dunia Pemerintahan DR Kamsol sudah banyak pengalaman. Di antaranya, dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti pada September 2020 lalu hingga Desember 2021. Kemudian tanggal 17 Desember 2021 hingga saat ini sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Mei Tahun 2017, DR Kamsol dilantik Kepala Subdirektorat Kemitraan Strategi dan Wahana Inovasi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Penulis : FSL|YES